Header Ads

Senin, 02 Januari 2012

PROSEDUR UMUM PEMBELAJARAN TERPADU

Kegiatan Pendahuluan dalam Pembelajaran Terpadu
Pendahuluan merupakan kegiatan yang penting dan dapat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran terpadu sebab kegiatan ini pada dasarnya merupakan kegiatan awal yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pembelajaran.

A. MAKNA KEGIATAN PENDAHULUAN

Kegiatan pendahuluan merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dengan komponen-komponen pembelajaran lainnya. Oleh sebab itu, kegiatan pendahuluan dalam kegiatan pembelajaran terpadu harus direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis, leksibel, efektif dan efisien.
Kegiatan pendahuluan pada dasarnya merupakan kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan sebuah pembelajaran. Fungsi kegiatan pendahuluan terutama adalah untuk menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Efisiensi waktu dalam kegiatan pendahuluan terutama dalam pembelajaran terpadu ini perlu diperhatikan, karena waktu yang tersedia ntuk kegiatan tersebut relative singkat berkisar antara 5-10 menit.

B. BENTUK KEGIATAN PENDAHULUAN

Kegiatan menyiapkan siswa mengikuti pelajaran ada yang langsung berkaitan dengan kompetensi atau materi yang akan dibahas dalam kegiatan inti dan ada juga yang tidak berkaiatan langsung. Kegiatan menyiapkan siswa yang langsung berkaitan dengan materi yang akan dibahas disebut Kegiatan Awal Pelajaran. Kegiatan yang tidak langsung berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dibahas disebut Kegiatan Pra-pembelajaran. Kegiatan utama yang perlu dilakukan dalam pendahuluan pembelajaran ini diantaranya:

1. Penciptaan Kondisi Awal Pembelajaran
a. Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (presense, attendance)
b. Menumbuhkan kesiapan belajar siswa (readiness)
c. Menciptakan suasana belajar yang demokratis
d. Membangkitkan motivasi belajar siswa
e. Membangkitkan perhatian siswa
2. Memberi Acuan
a. Memberitahukan tujuan (kemampuan) yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari
b. Menyampaikan alternative kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa
3. Membuat Kaitan (Melaksanakan Apersepsi)
a. Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya
b. Menunjukkan manfaat materi yang dipelajari
c. Meminta siswa mengemukakan pengalaman yang berkaiatan dengan materi yang akan dibahas
4. Melaksanakan Test Awal
Test awal dilakukan jika materi yang akan dibahas merupakan materi baru dan kita ingin mengetahui seberapa banyak siswa telah menguasai materi yang akan dibahas tersebut.










Kegiatan Inti Dalam Pembelajaran Terpadu

A. MAKNA KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

Pada prinsipnya kegiatan inti dalam pembelajaran adalah suatu proses pembentukan pengalaman dan kemampuan siswa secara terprogram yang dilaksanakan dalam durasi waktu tertentu.

B. BENTUK KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan awal tersebut dilakukan maka selanjutnya guru mengorganisasikan atau mengatur proses pembelajaran dengan menggunakan cara/teknik/metode/pendekatan yang bervariasi yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar berkadar aktivitas tinggi.
Kegiatan inti pembelajaran, baik dalam pembelajaran terpadu, maupun pembelajaran biasa, menggambarkan penggunaan strategi dan media pembelajaran serta metode belajar dalam upaya membantu siswa encapai kompetensi yang diharapkan.
Berkenaan dengan menggunakan strategi pembelajaran, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan guru. Faktor-faktor tersebut adalah
1. Tujuan
2. Materi
3. Siswa
4. Guru
5. Fasilitas, Ruang dan Waktu.





Kegiatan Akhir Dan Tidak Lanjut Dalam Pembelajaran Terpadu

A. MAKNA KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT

Kegiatan akhir dalam pembelajaran terpadu tidak hanya diartikan sebagai kegiatan untuk menutup semua rangkaian kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini juga mengandung makna sebagai kegiatan untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pembelajaran yang telah dipelajarinya, serta mengetahui keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dan dijalani oleh siswa dan guru. Dalam melakukan kegiatan akhir pembeajaran, guru akan mengetahui kompetensi yang sudah dan belum dikuasai siswa. Kegiatan yang biasa dilakukan guru dalam kegiatan akhir ini adalah memberikan tes, baik lisan maupun tertulis.

B. BENTUK KEGIATAN AKHIR DAN TINDAK LANJUT

1. Kegiatan Akhir Pembelajaran
a. Meninjau kembali penguasaan siswa
Untuk meninjau kembali penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari siswa, guru dapat melakukan dua cara yaitu merangkum (menyimpulkan) pokok materi atau membuat ringkasan materi pelajaran.
b. Melaksanakan penilaian
Memberikan tes adalah salah satu kegiatan akhir yang sering dilakukan guru. Tes yang diberikan pada akhir pembelajaran disebut tes akhir (post-test), yaitu test yang ditujukan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
2. Melaksanakan Tindak Lanjut Pembelajaran
Kegiatan tindak lanjut pembelajaran dapat dilaksanakan diluar jam pelajaran, sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. Pada prinsipnya kegiatan tidak lanjut pembelajaran dilaksanakan untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa baik dalam bentuk pengayaan (enrichment) maupun perbaikan (remedial). Beberapa alternatif kegiatan yang dapat dilakukan dalam melaksanakan kegiatan tindak lanjut pembelajaran terpadu berikut ini:
a. Memberikan pekerjaan rumah
b. Membahas kembali bahan pelajaran yang dianggap sulit
c. Menugaskan membaca materi pelajaran tertentu
d. Memberikan motivasi atau bimbingan belajar
e. Mengemukakan topik untuk pertemuan berikutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar